Selasa, 07 Januari 2014

Tugas Tulisan Bahasa Indonesia 2 ke-10

Proyek Kereta Cepat Nilainya Sama Dengan Jembatan Selat Sunda
Maikel Jefriando - detikFinance
Ilustrasi
TOPIK TERHANGAT
Mengurai Kepadatan Bandar Udara
Jakarta - Pemerintah memulai tahapan proyek pembangunan kereta cepat Jakarta - Surabaya. Proyek yang ditargetkan selesai pada tahun 2019 tersebut, akan memakan anggaran sebesar Rp 100 triliun lebih atau senilai Jembatan Selat Sunda (JSS). "Anggarannya cukup besar itu. Sekitar Rp 100 triliunan lebih. Hampir sama kayak Jembatan Selat Sunda," ungkap Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono di kantornya, Jumat (3/1/2014).
Ia mengatakan, proyek ini masuk dalam kerjasama pemerintah - swasta atau public private partnership (PPP). Sehingga anggaran nantinya akan digabung dari kedua pihak. Namun untuk porsinya masih akan dibicarakan. "Nanti pakai itu, tentu kan nggak bisa semua, biasanya komponen pemerintah itu lebih besar. Jadi nanti didetailkan," ujarnya. Saat ini proyek masih dalam tahapan pra studi kelayakan. Kemudian akan masuk pada desain gambar dan pembangunan dimulai awal tahun 2016. Selesai ditargetkan pada tahun 2019. "FS tahun ini kelar, tahun depan mulai masuk ke engineering design. Awal 2016 itu dimulai dan butuh waktu 2-3 tahun," kata Bambang.
Sementara untuk rute, masih akan dibahas. Apakah akan melewati Jakarta - Cirebon - Semarang - Surabaya atau Jakarta - Bandung - Cirebon - Semarang - Surabaya. Bambang mengaku ini seiring dengan hasil dari studi kelayakan. "Itu yang harus dipilih. Antara dua itu rutenya," ungkapnya.

Analisis:
Proyek pengembangan pemerintah dalam hal infrastruktur memang pemerintah terlalu memudahkan, memang penting infrastruktur itu apalagi antar daerah, tpi dalam hal ini pemerintah hanya fokus pada wilayah jawa saja sedangkan daerah-daerah di Indonesia bagian tetap tidak terjamah dengan infrastruktur yang baik. Jadi anggaran pemerintah terlalu banyak tertimbun didaerah jawa padahal semua masyarakat di indonesia sama-sama membayar pajak dan justru pemandangan didaerah bagian indonesia lebih indah dibanding wilayah jawa. Dan mnurut saya jika infrastruktur menuju daerah pedalaman itu mudah maka banyak wisatawan mancanegara maupun lokal tertarik untk mendatanginya sehingga akan menghasilkan pendapatan juga bukan hanya sekedar bisnis semata.

http://m.detik.com/finance/read/2014/01/03/135849/2457619/4/proyek-kereta-cepat-nilainya-sama-dengan-jembatan-selat-sunda

Tugas Tulisan Bahasa Indonesia 2 ke-9

Daging Sapi Mengalami Defisit Sepanjang 2013
Rista Rama Dhany - detikFinance
Jakarta - Harga daging sapi di dalam negeri masih tinggi berkisar Rp 90.000-Rp 100.000 per Kg. Produksi sapi lokal belum mampu memenuhi kebutuhan, sedangkan pasokan impor yang kuotanya dibebaskan pun belum mampu menurunkan harga daging. "Daging sapi (lokal) memang masih mengalami defisit sepanjang tahun 2013, karena kebutuhan melebihi dari produksi dari dalam negeri," kata Menteri Pertanian (Mentan) Suswono di acara Jumpa Pers Akhir Tahun 2013 "Refleksi 2013 dan Prospek Pertanian 2014, di Kantor Kementerian Pertanian, Senin (30/12/2013).
Produksi daging sapi pada 2011 mencapai 490.000 ton, pada 2012 turun 420.0000 ton dan pada 2013 produksinya meningat 2% yakni sebesar 430.000 ton. Namun kebutuhan daging sapi tahun ini mencapai 549.700 ton. "Tapi sebenarnya sapi di daerah banyak, namun tidak mudah untuk mengangkut sapi antar pulau," kata Suswono. Dengan defisitnya ketersediaan daging sapi tersebut menyebabkan tingginya harga daging sapi. Untuk mengatasi hal tersebut pemerintah mengambil langkah membuka pintu impor daging sapi berupa sapi hidup maupun daging beku. "Namun yang terjadi, walaupun pasokan daging bertambah terutama dari impor, ternyata harga daging sapi dalam negeri tidak mengalami penurunan secara nyata," ungkapnya.
Suswono menambahkan fenomena ini menunjukkan bahwa permasalahan mahalnya harga daging sapi bukan hanya akibat produksi yang masih belum mencukup dan suplai, tetapi adanya permasalahan perdagangan. "Kondisi harga tinggi tersebut juga sulit diakses peternak disebabkan kendala sarana angkutan dan distribusi sapi yang belum memadai. Persoalan distribusi dan infrastruktur pendukungnya akan menjadi prioritas program mendatang dan masih memerlukan waktu untuk penyelesainnya," tandas Suswono.

Analisis:
Seharusnya mentri pertanian dapat melakukan pemberdayaan didaerah daerahuntuk mendorong produk pertanian dalam negri bukan mendorong untuk impor. Yangg nyatanya kebutuhan masyarakat Indonesia masi tersedia di negaranya hanya saja infrastruktur yang tidak memadai yang menyulitkan terpenuhinya kebutuhan masyarakat di indonesia. Oleh sebab itu faktor yang harus diubah yaitu infrastruktur didaerah-daerah untuk memudahkan sosialisasi pemerintah terhadap daerah untuk memasok kebutuhan. Dengan begitu maka pasokan import akan berkurang dan sumber daya yang ada di Indonesia akan lebih efisien dalam memenuhi kebutuhan masyarakat
http://m.detik.com/finance/read/2013/12/30/124140/2453929/4/

Tugas Tulisan Bahasa Indonesia 2 ke-8

Proyek Monorel Jakarta Mandek 2 Bulan Pasca Ground Breaking
Feby Dwi Sutianto - detikFinance
Jakarta - Provinsi DKI Jakarta saat ini memiliki 2 proyek transportasi super modern yakni MRT Jakarta dan Monorel Jakarta. Bagaimana perkembangan proyek transportasi itu? 
Dari pantauan detikFinance, proyek MRT Jakarta tahap I rute Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia (HI) masih dikerjakan para kontraktor asal Indonesia dan Jepang. Meski lambat, PT MRT Jakarta mengklaim moda ini bisa beroperasi dan dinikmati warga Jakarta pada Semester I 2018. 
Lantas bagaimana perkembangan proyek Monorel Jakarta yang dikelola PT Jakarta Monorail. Pada lokasi ground breaking atau peletakan batu pertama proyek monorel Jakarta di daerah Kuningan atau di dekat Hotel Four Seasons Jakarta Selatan tampak tidak ada aktivitas kontruksi pasca ground breaking pada 16 Oktober 2013 lalu. 
Kontraktor pada proyek ini adalah China Communication Construction Company Ltd (CCCC) dan PT Waskita Karya Tbk (WSKT). Direktur Waskita Karya M Choliq menjelaskan proses kontruksi proyek Monorel Jakarta praktis terhenti sekitar 2 bulan lebih hingga saat ini. Menurutnya Waskita yang bertindak sebagai sub kontraktor masih menunggu design atau rancangan proyek monorel dari kontraktor utama asal China. "Jadi masih tunggu design dari China. Pekerjaan kontraktor praktis berhenti sekitar 2 bulan," kata Choliq kepada detikFinance Sabtu (4/1/2014).
Namun Choliq tidak bisa memastikan kapan proses kontruksi bisa dimulai kembali. "Saya nggak tahu, Waskita kan sebagai sub kontraktor," jelasnya. Sementara Direktur Teknik Jakarta Monorail Bovanantoo enggan berkomentar banyak saat dikonfirmasi terkait kelanjutan proyek moda transportasi masa depan DKI ini. "Senin saja. Saya masih di luar kota," kata Bovanantoo. Proyek Monorel Jakarta sendiri memiliki 2 rute yakni green line (jalur hijau) dan blue line (jalur biru). Blue line membentang sepanjang 14,2 km dari Tebet-Suharjo-Menteng Dalam-Casablanca-Ambasador-Sudirman WTC-Menara Batavia-Dukuh Atas-Kebon Kacang-Tanah Abang-Cideng-Tomang-Taman Anggrek. Sementara Green line yang membentang sepanjang 14,8 km dari Casablanca-Taman Rasuna-Kuningan Sentral-Setia Budi Utara-Karet-Pajempongan-Palmerah-Stasiun Madya-Plaza Senayan-GBK-SCBD-Komdak-Satria Mandala-Gran Melia-Casablanca.

Analisis:
Seharusnya pelaksanaan proyek apapun harus direncanakan sebaik mungkin jadi saat pelaksanaan tidak terjadi groundbreaking sehingga tidak membuang anggaran dengan percuma. Selain itu penundaan pembangunan proyek ditengah jalan bukan hanya membuang anggaran begitu saja tapi juga dapat mmbuat macet jalan yang sedang ada pembangunan proyek. Jadi banyak kerugiannya kalau proyek tidak direncanakan dengan baik. Jadi pemerintah harus memperbaiki proyek MRT dan monorail ini agar tidak timbul kerugian lain yang akan berlanjut.http://m.detik.com/finance/read/2014/01/04/112240/2458182/4/proyek-monorel-jakarta-mandek-2-bulan-pasca-ground-breaking

Tugas Tulisan Bahasa Indonesia 2 ke-7

Harga Properti Melesat Lebih Tinggi daripada Kenaikan Upah
Dewi Rachmat Kusuma - detikFinance
Jakarta - Angka kekurangan rumah (backlog) di Indonesia masih tinggi mencapai 1 juta unit per tahun dengan total hingga 15 juta rumah. Penyebabnya karena kenaikan harga tanah dan properti yang melampaui kenaikan pendapatan masyarakat setiap tahunnya. "Angka kekurangan rumah atau backlog 1 juta unit per tahun, karena ekonomi nggak berkualitas, tanah jadi rebutan pemilik modal," kata Pengamat Kebijakan Publik Andrinof Chaniago saat Diskusi Akhir Tahun Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dengan Tema "Akselerasi Membenahi Indonesia, Menuju Masa Depan Gemilang," di Kantor HMI, Menteng, Jakarta, Minggu (29/12/2013).
Ia menjelaskan, saat ini harga tanah maupun properti di Indonesia sudah semakin tinggi sehingga tidak mampu dijangkau kalangan menengah ke bawah. "Indonesia lebih kapitalis dari AS, liberal lebih dari negara pencetusnya, tanah pun dijual. Harga tanah naik terus, dalam 5 tahun sudah naik berapa, bandingkan dengan upah ekonomi bawah, nggak mampu beli rumah," terangnya. Ia mencontohkan, rencana pembangunan Jembatan Selat Sunda (JSS) yang tengah dicanangkan pemerintah tak lain hanyalah mega proyek properti pemerintah. "Ini mega proyek properti, bukan infrastruktur yang bisa tingkatkan ekonomi," katanya.
Saat ini, kata dia, pembangunan yang digarap pemerintah cenderung menguntungkan pihak pemodal bukan rakyat kecil sehingga perekonomian pun gagal terangkat. "Jembatan itu menyuburkan sektor properti, kalau itu jadi bisa dibikin jalan tol, properti marak, masyarakat jadi susah beli rumah karena harganya tinggi. Sekarang ekonomi kita hanya untuk pebisnis bukan mensejahterakan," cetusnya.


Analisis:
Seharusnya pemerintah dapat menekan harga tanah dan properti, mengurangi proyek- proyek besar yang tidak bermanfaat untuk pelaksanaan ekonomi di Indonesia. Dampak kenaikan tanah dan properti itu membuat rakyat kecil semakin sulit untuk mendapatkan tempat tinggal yangg layak karna upah yang kecil dan harga tanh dan properti semakin naik.
Mungkin dengan adanya rusun itu memberi kemudahan untuk rakyat kecil tapi pemerintah harus sungguh-sungguh mengawasi target yang pantas menghuni rumah susun tersebut dan bukan dari golongan menengh keatas.
Selain itu pengusaha properti seharusnya membuat tempat tinggal dengan harga yang sesuai dan bukan dengan harga tinggi yang mengikuti city value yang hanya dapat dijangkau oleh kalangan atas saja sehingga menimbulkan pebedaan sosial yang sangat nyata. http://m.detik.com/finance/read/2013/12/29/193848/2453465/1016/harga-properti-melesat-lebih-tinggi-daripada-kenaikan-upah

Tugas Tulisan Bahasa Indonesia 2 ke-6

Investasi di Reksa Dana


Aidil. Akbar Madjid - detikFinance

Jakarta - Kalau di tulisan sebelumnya sudah dibahas 2 jenis reksa dana yang berinvestasi sebagian atau seluruh dananya di saham-saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan mempunyai resiko yang relatif tinggi yaitu Reksa Dana Saham dan Reksa Dana Campuran, kali ini kita akan membahas reksa dana dengan resiko yang relatif lebih rendah lagi yaitu Reksa Dana Pendapatan Tetap. 
Reksa Dana Pendapatan Tetap ini cocok bagi anda yang tidak berani masuk ke saham. Reksa Dana Pendapatan Tetap ini adalah reksa dana yang berinvetasi pada Surat Utang atau Obligasi. Mengapa disebut 'Pendapatan Tetap'? Karena obligasi alias surat utang pada umumnya secara tetap setiap bulan atau setiap tiga bulan akan membayarkan bunga kepada investor dari surat utang tersebut. Adapun besaran bunganya bisa tetap atau bisa berubah-ubah tergantung dari jenis obligasinya.
Obligasi sendiri ada yang dikeluarkan oleh pemerintah atau Obligasi Pemerintah yang namanya SUN alias Surat Utang Negara. Surat utang yang dikeluarkan oleh Negara Republik Indonesia ini sendiri ada yang dijual dengan nominal pecahan besar (misalnya Rp 1 miliar) dan ada juga yang dijual dengan pecahan nominal kecil untuk investor Ritel yang kemudian dikenal dengan nama ORI alias Obligasi Ritel Indonesia. Seiring berjalannya waktu Obligasi Pemerintah ini juga ditawarkan (dijual) versi syariahnya yang kemudian dikenal dengan nama Sukuk atau Sukuk Negara. Sama seperti SUN dan ORI, Obligasi Sukuk ini juga dijual untuk nasabah Ritel dengan nama Sukuk Ritel.
Obligasi yang dikeluarkan oleh Pemerintah ini sendiri mempunyai kelebihan yaitu secara undang-undang dijamin oleh Negara Republik Indonesia, sehingga tingkat keamanannya sendiri (khususnya untuk resiko gagal bayar/default) relatif lebih aman dibandingkan Obligasi jenis lain. Selain Obligasi Pemerintah, lalu ada juga Obligasi yang dikeluarkan oleh Perusahaan Swasta atau dikenal dengan Obligasi Swasta. Surat utang atau Obligasi ini bisa dikeluarkan/diterbitkan oleh perusahaan BUMN maupun perusahaan swasta nasional lainnya. Obligasi swasta mempunyai tingkat keamanan yang lebih rendah dibandingkan Obligasi Pemerintah alias mempunyai resiko yang relatif lebih tinggi. Ketika berinvestasi pada Reksa Dana ini harap lakukan perbandingan dengan hati-hati mengingat setiap Obligasi mempunyai resiko yang berbeda-beda.
Reksa Dana Pendapatan Tetap ini juga mempunyai resiko karena harga jual dari surat utang tersebut akan naik dan turun tergantung dari pasar dan dari pergerakan suku bunga SBI atau BI Rate. Akan tetapi risiko tersebut tidak sebesar risiko apabila kita berinvestasi di Saham atau Reksa Dana Saham dan Campuran. Risiko berbanding lurus dengan hasil investasi, oleh sebab itu hasil investasi yang bisa diharapkan dari Reksa Dana Pendapatan Tetap ini juga tidak bisa sebesar di Saham, Reksa Dana Saham dan Campuran. Reksa Dana jenis terakhir dan dari tingkat risiko lebih kecil atau bisa dikatakan paling kecil adalah Reksa Dana Pasar Uang. Mengapa demikian? Karena uang nasabah yang ada di dalam Reksa Dana diinvestasikan ke produk keuangan jangka pendek seperti SBI, Deposito, Tabungan dan Obligasi yang jatuh temponya kurang dari satu tahun. 
Hal ini membuat risiko investasi dari reksa dana ini jauh lebih kecil daripada di 3 reksa dana teratas. Akan tetapi jangan berharap bisa mendapatkan hasil investasi yang besar dari reksa dana ini. Anda harus puas dengan hasil investasi sebesar 0,5-1% di atas deposito saat ini. Salah satu keunggulan dari berinvestasi di reksa dana di Indonesia adalah bahwa sampai saat ini hasil investasi dari Reksa Dana TIDAK kena pajak, karena Manajer Investasi waktu melakukan transaksi didalam Reksa Dananya sudah melakukan pembayaran pajak. 
Itulah sebabnya reksa dana menjadi salah satu alternatif utama dalam berinvestasi terutama untuk investasi jangka menengah dan jangka panjang.

Analisis:
Sebaiknya jika kita tidak mengerti benar tentang berinvestasi lebih baik uang kita deposit kan pada bank, karna untuk memperkecil resiko yangg akan kita dapat tapi juga dengan tingkat bunga yangg kecil.
Itu berbanding terbalik dengan berinvestasi dalam saham ataupun reksadana, memiliki tingkat resiko tinggi tapi juga begitu menguntungkan pada saat suku bunga naik. Untuk berinvestasi lebih baik kita pahami lebih dulu investasi apa yangg kita butuhkan dan yangg cocok untuk kita, dan siap dengan resiko yangg akan terjadihttp://m.detik.com/finance/read/2013/10/08/070040/2380790/722/investasi-di-reksa-dana--4-

Tugas Tulisan Bahasa Indonesia 2 ke-5

Pertamina: Rencana Kenaikan Elpiji 12 Kg Sudah Disampaikan ke Pemerintah
Maikel Jefriando -
TOPIK TERHANGAT
Harga Elpiji 12 Kg Melejit
Jakarta - PT Pertamina (Persero) membantah kenaikan harga elpiji 12 kg dari Rp 70.200 menjadi Rp 117.708 per tabung tidak dikoordinasikan dengan pihak pemerintah. Rencana tersebut sudah disampaikan jauh sebelum kenaikan pada 1 Januari 2014. "Kami dari Pertamina memastikan rencana ini selalu dikoordinasikan dengan pemerintah dan kementerian terkait," ungkap Vice President Corporate Communication Pertamina, Ali Mundakir di Bandara Halim Perdanakusuma, Minggu (5/1/2014)
Skema kenaikan harga elpiji dilakukan melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Di mana salah satunya dihadiri oleh Menteri BUMN Dahlan Iskan. Selain itu, Kementerian lainnya menurut Ali juga sudah diinformasikan. "Jadi semuanya sudah dilakukan sesuai dengan prosedur. Tidak mungkin nggak dikasih tahu," tegasnya. Dia menuturkan, pada bulan Agustus tahun lalu sebenarnya Pertamina juga sudah berencana untuk menaikkan harga elpiji 12 kg. Akan tetapi, rencana kandas di tengah jalan karena pemerintah yang tidak memberikan restu. "Waktu itu nggak boleh kan, karena baru ada kenaikan harga BBM, padahal kita sudah mendapat peringatan dari BPK soal kerugian bisnis elpiji," ujarnya.
Sebelumnya Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik mengaku dirinya tidak menerima pemberitahuan dari PT Pertamina terkait rencana kenaikan harga gas elpiji 12 kg pada 1 Januari 2014. Padahal gas elpiji merupakan salah satu kebutuhan utama masyarakat yang memiliki dampak cukup signifikan. "Saya baru terima suratnya tadi," kata Jero. Pada kesempatan yang sama Menko Perekonomian Hatta Rajasa juga mendengar informasi secara informal. Hatta bahkan sempat melarang, akan tetapi Pertamina tetap menjalankan kebijakan itu karena sudah ditetapkan perusahaan. "Tanggal 31 saya mendengar, saya langsung telepon Dirut Pertamina saya minta ditunda. Jawabnya, nggak bisa pak karena ini sudah keputusan perusahaan. Makanya sekarang dibahas," sebut Hatta.
Analisis:
Seharusnya pertamina tidak mengambil keputusan sebelah pihak tanpa mendapatkan ijin dari pemerintah meskipun telah terjadi kerugian gas elpiji. Pemerintah meminta penundaan kenaikan harga gas elpiji 12kg karna masyarakat pasti akan merasa keberatan karna telah dihadapkan dengan kenaikan BBM lalu sekarang dihadapkan dengan kenaikan harga gas elpiji 12kg yang bahkan pemerintah tidak mengetahuinya.

http://m.detik.com/finance/read/2014/01/05/134739/2458593/1034/pertamina-rencana-kenaikan-elpiji-12-kg-sudah-disampaikan-ke-pemerintah

Tugas Tulisa Bahasa Indonesia 2 ke-4

Kemiskinan Bisa Dikurangi Bila Orang Kaya Bayar Pajaknya Benar
Maikel Jefriando - detikFinance
TOPIK TERHANGAT
Pajak Tinggi Untuk Miliuner
Jakarta - Pajak merupakan salah satu komponen yang dapat mengatasi kemiskinan di Indonesia. Semakin banyak orang yang bayar pajak di dalam negeri maka akan mengurangi kemiskinan yang sudah mencapai 28,55 juta orang atau 11,47% dari jumlah penduduk. Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Bambang Brodjonegoro mengatakan setoran pajak akan masuk dalam APBN. Kemudian anggaran tersebut akan dibelanjakan untuk kebutuhan masyarakat secara luas, mulai dari belanja modal hingga belanja barang. "Belanja (negara untuk) orang miskin dari mana duitnya kalau bukan dari pajak. Orang kaya bayar pajak yang benar makanya," ungkap Bambang di kantornya, Jakarta, Jumat (3/1/2013)
Selain itu, belanja dari APBN juga harus dikontrol dengan baik. Sehingga anggaran yang dialokasikan dapat dioptimalkan dengan baik. Agar orang miskin yang merupakan target pemerintah, dapat tersalurkan anggaran negara. "Kuncinya semua di anggaran, di pajak. APBN itu instrumen untuk membuat kesenjangan mengecil, kemiskinan membaik. Jadi kalau APBN tidak dipakai dengan benar, alokasinya nggak benar, ya juga nggak benar," terangnya. Ini harus menjadi komitmen bersama dalam penggunaan anggaran. Pengentasan kemiskinan adalah mempersempit kesenjangan orang kaya dan miskin adalah sasaran dari APBN. "Kalau ada usulan program atau project APBN harus diarahkan kedua hal itu," ujar Bambang.
Tahun 2014, Bambang mengaku agak kesulitan untuk mengurangi kemiskinan. Sebab,masih ada masalah dari perekonomian global yang berdampak langsung pada domestik. "Ya memang agak susah karena ada masalah global yang kita tidak bisa prediksi sebelumnya. Ya tapi mudah-mudahan bisa diperbaiki dibandingkan 2013," pungkasnya.

Analisis:
Menurut saya seharusnya masyarakat jujur dalam melaporkan pajak dan pejabat pajak pun benar-benar teliti dalam mengawasi, seharusnya tidak hanya mengawasi tapi juga melakukan sosialisasi pelaoran pajak sehingga wajib pajak sadar akan kewajibannya dalam membayar pajak. Dan untuk para pejabat seharusnya dipilah yang baik dan dapat dipercaya sehingga meminimalisir terjadinya kecurangan dalam dirjen pajak. Memang tidak menutup kemungkinan di kantor kantor pelaporan pajak banyak oknum pajak yang memaksa terjainya pungutan liar kepada wajib pajak yang melakukan pelaporan, padahal sudah ditegaskan pada banner/ tulisan didalam KKP kalau tidak diperbolehkan melakukan pungutan liar. Jadi, pembayaran pajak yang tidak sesuai bukan hanya wajib pajak yang berperan tapi juga petugas pajak. Dengan begitu APBN akan terkontrol dengan baik
http://m.detik.com/finance/read/2014/01/03/193356/2458019/4/wamenkeu-kemiskinan-bisa-dikurangi-bila-orang-kaya-bayar-pajaknya-benar

Tugas Tulisan Bahasa Indonesia 2 ke-3

Harga Elpiji 12 Kg di Papua Capai Rp 310.000, Ini Tanggapan Pertamina
Maikel Jefriando -
TOPIK TERHANGAT
Harga Elpiji 12 Kg Melejit
Jakarta - Kenaikan harga gas elpiji 12 kg membawa dampak penjualan yang tidak sehat di daerah. Salah satunya di Jayapura, Papua, harga elpiji 12 kg mencapai Rp 310.000 per tabung. Ini berbanding jauh dengan harga di Jakarta yang pada kisaran Rp 117.708 per tabung. Kenapa?
Vice President Corporate Communication Pertamina, Ali Mundakir mengatakan infrastruktur penyaluran elpiji ke wilayah timur Indonesia seperti Papua sangat terbatas. Sehingga jasa angkut logistik menjadi sangat besar. "Karena Indonesia bagian timur tidak adanya stasiun pengisian atau kurangnya stasiun pengisian maka terpaksa mengambil tabung elpiji 12 Kg dari Surabaya," kata Ali di Bandara Halim Perdanakusuma, Minggu (5/1/2014). 
Ali mengaku biaya pembangunan infrastruktur ke wilayah timur tersebut sangat besar. Sehingga sulit bagi perusahaan untuk membangun infrastruktur, apalagi dengan kerugian yang terus terjadi pada sektor elpiji. "Ini salah satu hal yang perlu disadari bersama dengan bahwa dengan bisnis elpiji yang masih rugi ini kemampuan Pertamina dalam membangun infrastruktur minim, untuk pengisian," ujarnya. Jika infrastruktur sudah terbangun, menurutnya tidak akan ada lagi perbedaan harga gas elpiji yang signifikan. "Bagi saudara-saudara kita di Indonesia bagian timur juga tidak ada, sehingga ini yang perlu kita pikirkan bersama jangka panjangnya bagaimana menjamin keberlangsungan suplai elpiji bagi seluruh saudara kita di wilayah Indonesia bagian timur," jelasnya.
Analisis:
Kenaikan harga gas elpiji 12 kg membawa dampak penjualan yang tidak sehat di daerah terutama di Indonesia bagian timur, karna infrastruktur penyaluran elpiji sangat terbatas dan memerlukan biaya yang sangat besar. Oleh sebab itu pemerintah seharusnya membangun infrastruktur di Indonesia bagian timur terutama agar dapat memudahkan sosialisasi pemerintah terhadap daerah, sehingga tidak akan menimbulkan perbedaan harga yang signifikan

http://m.detik.com/finance/read/2014/01/05/144402/2458611/1034/harga-elpiji-12-kg-di-papua-capai-rp-310000-ini-tanggapan-pertamina

Tugas Tulisan Bahasa Indonesia 2 ke-2

Antisipasi Lonjakan Permintaan, Pasokan Elpiji 3 Kg Ditambah

Maikel Jefriando - detikFinance
TOPIK TERHANGAT
Harga Elpiji 12 Kg Melejit
Jakarta - PT Pertamina (Persero) menambah pasokan gas elpiji subsidi 3 kg. Ini dilakukan pasca kenaikan gas elpiji 12 kg pada 1 Januari 2014, di mana dari harga Rp 70.200 menjadi Rp 117.708 per tabung. "Pasca kenaikan Elpiji non subsidi 12 Kg, Pertamina akan menambah pasokan Elpiji subsidi 3 Kg di pasaran," kata Vice President Corporate Communication Pertamina, Ali Mundakir dalam keterangan tertulisnya, Minggu (5/1/2014).
Dengan naiknya harga gas elpiji 12 kg, memungkinkan terjadinya peralihan ke gas elpiji 3 kg. Untuk itu, Pertamina mempersiapkan lebih dulu pasokan elpiji 3 kg. Agar tidak terjadi kelangkaan. "Ini untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan permintaan yang dimungkinkan dari adanya potensi migrasi oleh konsumen Elpiji non subsidi 12 Kg ke Elipji subsidi 3 Kg," terangnya. Pertamina akan memaksimalkan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) sebagai tempat penjualan Elipiji baik yang subsidi 3 kg dan non subsidi 12 Kg. Sehingga masyarakat akan semakin mudah membeli elpiji di daerahnya masing-masing. "Jadi masyarakat lebih mudah untuk membeli elpiji. Jika diperlukan, Pertamina juga siap melakukan operasi pasar," tegasnya. Sebelumnya, Wakil Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatakan jika migrasi ke gas elpiji 3 kg terjadi maka anggaran subsidi akan kembali membengkak. Untuk tahun 2014, subsidi gas elpiji adalah sekitar Rp 36,7 triliun. "Ingat subsidi sudah di atas Rp 30 triliun subsidi elpiji. Jadi kita nggak mau naik lagi. Tahun ini sama lah segitu, elpiji 3 kg kan nggak dinaikin harganya. Itu ketentuannya dari Dirjen Migas," ungkap Bambang.

Analisis:
Cara pertamina mengalihkan kerugian gas 12kg dengan menambah pasokan gas 3kg justru akan menimbulkan maaslah baru yaitu membengkaknya subsidi. Dapat dikatakan percuma penggalakan hemat bbm bersubsidi yang dilakukan pemerintah. Memang belum jelas apa penyebab naiknya harga LPG 12kg tapi mungkin adanya kecurangan didalamnya, seperti kenaikan dan kelangkaan kebutuhan lain yang dapat berakhir dengan adanya kecurangan oleh oknum pejabat perusahaan tersebut.http://m.detik.com/finance/read/2014/01/05/105102/2458497/1034/antisipasi-lonjakan-permintaan-pasokan-elpiji-3-kg-ditambah

Tugas Tulisan Bahasa Indonesia2 ke-1

BI Rate Naik Lagi, So?
Aidil Akbar Madjid - detikFinance
Jakarta - Tingkat suku bunga acuan alias Bank Indonesia (BI) Rate naik lagi untuk keenam kalinya dalam waktu enam bulan terakhir. Para pengamat heboh karena banyak yang “kecele”. Pasar bereaksi dengan penurunan di Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Bagi orang yang ingin kelihatan mengerti ekonomi akan ikut-ikutan sibuk memberikan komentar tentang hal ini. Sementara itu bagi ibu-ibu dan sebagian masyarakat lainya yang tidak terlalu peduli akan berkata, so? 
Dalam banyak kesempatan di kelas-kelas Financial Planning terutama kelas pemula bagi masyarakat umum yaitu Personal Money Manager dengan Certifikat CPMM dan kelas Basic Financial Planning dengan gelar Registered Para Planner RPP, saya sering sekali sharing mengenai kecemasan saya terhadap kondisi ekonomi dan inflasi serta kenaikan suku bunga di Indonesia di tahun 2013 dan 2014 mendatang. Kalau tidak percaya coba tanya ke alumni-alumni kami, bagaimana saya menceritakan berapa banyak uang yang berpotensi akan beredar di masyarakat di tahun 2014 nanti akibat dari efek Pemilihan Presiden dan Pemilu Legislatif dan dampaknya terhadap potensi inflasi dan potensi kenaikan suku bunga. Jadi ketika kenaikan suku bunga seperti saat ini terjadi, saya sudah tidak heran, apapun itu penyebabnya it’s getting there slowly. Cukup dengan teori dan jargon ekonomi, lebih baik sekarang kita fokus pada keuangan pribadi dan keluarga kita, serta apa saja yang dapat berpengaruh dari kenaikan yang terjadi dan potensi kenaikan-kenaikan selanjutnya dikemudian hari. Coba buka lembar cash flow anda sekarang (kalau belum punya berarti harus dibuat, atau bisa belajar membuatnya di kelas CPMM), dan beri tanda serta perhatikan pengeluaran-pengeluaran yang akan berpengaruh langsung terhadap kenaikan suku bunga. Contoh pengeluaran yang dapat berpengaruh langsung misalnya, kenaikan suku bunga kredit anda, seperti misalnya KPR apabila anda sudah dikenakan suku bunga floating (mengambang) di KPR anda. Perhatikan apakah cicilan bulanan KPR anda akan naik dan seberapa besar pengaruh kenaikan tersebut terhadap keuangan anda dan keluarga. Apabila saat ini cicilan anda sudah sebesar 30% dari penghasilan, maka kenaikan cicilan bisa berpotensi menaikan persentase tadi menjadi 35% bahkan 40% dari cicilan. Dan ketika cicilan utang kita sudah tinggi seperti itu, biasanya dalam waktu tidak terlalu lama anda dapat mengalami kesulitan keuangan.
Kenaikan suku bunga juga berdampak pada suku bunga pinjaman lainnya seperti Kredit Kendaraan, Kredit Tanpa Agunan, Kredit serba guna, dan kredit-kredit lainnya. Oleh sebab itu coba lakukan perhitungan yang baik sebelum anda berkeinginan untuk mengambil kredit baru. Sementara untuk kredit-kredit anda seperti yang saya sebutkan di atas yang sudah berjalan biasanya tidak berdampak karena mengacu ke suku bunga flat dan fix. Apabila kenaikan terjadi dan apabila dirasakan cukup signifikan sehingga menyebabkan kesulitan keuangan anda dan keluarga, ada beberapa hal yang bisa anda lakukan. Pertama-tama beritahu Bank tempat anda mengambil kredit bahwa anda mulai merasakan kesulitan dalam memenuhi cicilan yang sudah diatas 30% dari penghasilan anda tersebut. Bank biasanya bisa memberikan beberapa alternatif solusi. Di saat yang bersamaan anda bisa mulai berfikir untuk melunasi sebagian dari kredit rumah anda sehingga jumlah utangnya akan turun. Utang yang lebih kecil akan berpengaruh kepada cicilan yang juga ikut turun. Lakukan negosiasi dengan Bank anda, karena dalam jarak tertentu ketika anda melunasi sebagian utang anda biasanya akan dike nakan biaya
Analisis: 
Menurut saya, Sekarang ini bukan Pertumbuhan Ekonominya Indonesia yang tidak Stabil, Tapi takaran nilai tukar acuan dan nilai rate bunga yang pas juga kehilangan acuan setelah kebijakan naiknya harga Energi dan pergantian pejabat ditingkat penentu kebijakan. Meski seperti itu, rate BI perlahan akan tetap naik meskipun tidak terjadi pergantian jabatan di negara kita. Naiknya rate BI berpengaruh pada suku bunga pinjaman. Masarakat akan merasakan kenaikan suku bunga secara signifikan, dan itu akan merubah pola keuangan masyarakat itu sendiri dalam mengaturnya. Dapat dengan berinvestasitapi juga kita harus benar- benar mengerti tentang investasi yang kita ambil, harus mengetahui resikonya. Kara setiap investasi memiliki resiko yang berbeda.http://m.detik.com/finance/read/2013/11/19/065719/2416614/722/bi-rate-naik-lagi-so