Selasa, 15 Oktober 2013

PEGADAIAN


PENGERTIAN

Perum Pegadaian adalah sebuah BUMN di Indonesia yang usaha intinya adalah bidang jasa penyaluran kredit kepada masyarakat atas dasar hukum gadai. Pengertian lainnya, PEGADAIAN adalah lembaga keuangan bukan bank yang kegiatannya menyalurkan dana kepada masyarakat dengan syarat adanya agunan yang diberikan oleh masyarakat dengan berlandaskan hukum gadai.


SEJARAH

Pegadaian sudah beberapa kali berubah status, yaitu sebagai Perusahaan Negara (PN) sejak 1 Januari 1961, kemudian berdasarkan Peraturan Pemerintah No.7/1969 menjadi Perusahaan Jawatan (Perjan), dan selanjutnya berdasarkan Peraturan Pemerintah No.10/1990 (yang diperbaharui dengan Peraturan Pemerintah No.103/2000) berubah lagi menjadi Perusahaan Umum (Perum). Kemudian pada tahun 2011, perubahan status kembali terjadi yakni dari Perum menjadi Perseroan yang telah ditetapkan dalam Peraturan Pemerintah (PP) No.51/2011 yang ditandatangani pada 13 Desember 2011. Namun demikian, perubahan tersebut efektif setelah anggaran dasar diserahkan ke pejabat berwenang yaitu pada 1 April 2012

VISI

Sebagai solusi bisnis terpadu terutama berbasis gadai yang selalu menjadi market leader dan mikro berbasis fidusia selalu menjadi yang terbaik untuk masyarakat menengah kebawah.


MISI

· Memberikan pembiayaan yang tercepat, termudah, aman dan selalu memberikan pembinaan terhadap usaha golongan menengah kebawah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

· Memastikan pemerataan pelayanan dan infrastruktur yang memberikan kemudahan dan kenyamanan di seluruh Pegadaian dalam mempersiapkan diri menjadi pemain regional dan tetap menjadi pilihan utama masyarakat.

· Membantu Pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat golongan menengah kebawah dan melaksanakan usaha lain dalam rangka optimalisasi sumber daya perusahaan.


PRODUK-PRODUK DARI PEGADAIAN

PRODUK PEMBIAYAAN

1. Kredit Cepat Aman (KCA) adalah kredit dengan sistem gadai yang diberikan kepada semua golongan nasabah, baik untuk kebutuhan konsumtif maupun kebutuhan produktif. KCA merupakan solusi terpercaya untuk mendapatkan pinjaman secara mudah, cepat dan aman. Untuk mendapatkan kredit nasabah hanya perlu membawa agunan berupa perhiasan emas dan barang berharga lainnya.

KEUNGGULAN

· Layanan KCA tersedia di outlet Pegadaian di seluruh Indonesia

· Prosedur pengajuannya sangat mudah. Calon nasabah atau debitur hanya perlu membawa agunan berupa perhiasan emas dan barang berharga lainnya ke outlet Pegadaian

· Proses pinjaman sangat cepat, hanya butuh 15 menit

· Pinjaman mulai dari 50 ribu rupiah sampai 200 juta rupiah atau lebih

· Jangka waktu pinjaman maksimal 4 bulan atau 120 hari dan dapat diperpanjang dengan cara membayar sewa modal saja atau mengangsur sebagian uang pinjaman

· Pelunasan dapat dilakukan sewaktu-waktu

· Tanpa perlu buka rekening. dengan perhitungan sewa modal selama masa pinjaman

· Nasabah menerima pinjaman dalam bentuk tunai


2. Pembiayaan RAHN dari Pegadaian Syariah adalah solusi tepat kebutuhan dana cepat yang sesuai syariah. Cepat prosesnya, aman penyimpanannya. Jaminannya barang perhiasan, barang elektronik atau kendaraan bermotor anda. Lima belas menit dana pun cair

KEUNGGULAN

· Layanan RAHN tersedia di outlet Pegadaian Syariah di seluruh Indonesia

· Prosedur pengajuannya sangat mudah. Calon nasabah atau debitur hanya perlu membawa agunan berupa perhiasan emas dan barang berharga lainnya ke outlet Pegadaian

· Proses pinjaman sangat cepat, hanya butuh 15 menit

· Pinjaman (Marhun Bih) mulai dari 50 ribu rupiah sampai 200 juta rupiah atau lebih

· Jangka waktu pinjaman maksimal 4 bulan atau 120 hari dan dapat diperpanjang dengan cara membayar Ijaroh saja atau mengangsur sebagian uang pinjaman

· Pelunasan dapat dilakukan sewaktu-waktu

· Tanpa perlu buka rekening. dengan perhitungan sewa modal selama masa pinjaman

· Nasabah menerima pinjaman dalam bentuk tunai


3. Kredit (pinjaman) angsuran bulanan yang diberikan kepada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk pengembangan usaha dengan sistem gadai. KRASIDA merupakan solusi terpercaya untuk mendapatkan fasilitas kredit yang cepat, mudah dan murah.

KEUNGGULAN

· Proses sangat mudah. Kredit bisa cair dalam waktu yang relatif cepat

· Agunan Emas dan Mobil

· Pinjaman mulai dari Rp.1,000,000 hingga Rp.250,000,000

· Pinjaman bisa mencapai 95% dari nilai taksiran agunan

· Sewa Modal (bunga pinjaman) relatif murah dengan angsuran tetap per bulan

· Jangka waktu pinjaman fleksibel. Dengan pilihan jangka waktu 3,6,12 bulan

· Pelunasan dapat dilakukan sewaktu-waktu dengan pemberian diskon untuk sewa modal

· KRASIDA dapat diperoleh di seluruh outlet Pegadaian di Indonesia


4. KREASI adalah Kredit dengan angsuran bulanan yang diberikan kepada Usaha Mikro Kecil dan menengan (UMKM) untuk pengembangan usaha dengan sistem Fidusia. Sistem Fidusia berarti agunan untuk pinjaman cukup dengan BPKB sehingga kendaraan masih bisa digunakan untuk usaha. KREASI merupakan solusi terpercaya untuk mendapatkan fasilitas kredit yang cepat, mudah dan murah.

KEUNGGULAN

· Prosedur pengajuan kredit sangat cepat dan mudah. Agunan cukup BPKB kendaraan bermotor

· Pinjaman mulai dari Rp.3,000,000 hingga Rp.200,000,000

· Proses kredit hanya butuh 3 hari, dan dana dapat segera cair

· Sewa Modal (bunga pinjaman) relatif murah dengan angsuran tetap per bulan

· Jangka waktu pinjaman fleksibel. Dengan pilihan jangka waktu 12,18,24,36 bulan

· Pelunasan dapat dilakukan sewaktu-waktu dengan pemberian diskon untuk sewa modal

· KREASI dapat diperoleh di seluruh outlet Pegadaian di Indonesia


5. KRISTA adalah kredit yang diberikan kepada para wanita wirausaha yang tergabung dalam kelompok untuk pengembangan usaha dengan sistem tanggung renteng. KRISTA merupakan solusi terpercaya bagi wanita untuk mendapatkan kredit pengembangan usaha yang cepat dan mudah

KEUNGGULAN

· Prosedur pengajuan kredit sangat mudah

· Pinjaman mulai dari Rp.3,000,000 sampai dengan Rp.200,000,000

· Proses kredit hanya butuh 3 hari.

· Agunan berupa alat-alat rumah tangga (TV, Kulkas, meja kursi, elektronik, dan lain sebagainya), barang dagangan, sarana produksi dengan pengikatan sistem Fidusia (hanya dengan surat keterangan)

· Jangka waktu pinjaman fleksibel. Dengan pilihan jangka waktu 12,18,24,36 bulan

· Pelunasan kredit dengan angsuran tetap per bulan

· Pelayanan mudah, cepat dan aman.


6. Program AMANAH pembiayaan berprinsip syariah dari Pegadaian melayani anda karyawan swasta atau pegawai negeri untuk memiliki motor atau mobil idaman

7. Pembiayaan ARRUM dari Pegadaian Syariah memudahkan para pengusaha kecil untuk mendapatkan modal usaha dengan jaminan BPKB dan emas. Kendaraan tetap pada pemiliknya sehingga dapat digunakan untuk mendukung usaha sehari-hari. Maksimalkan daya guna kendaraan anda!

KEUNGGULAN

· Prosedur pengajuan marhun bih sangat cepat dan mudah

· Agunan cukup BPKB kendaraan bermotor

· Proses Marhun Bih hanya butuh 3 hari, dan dana dapat segera cair

· Ijaroh relatif murah dengan angsuran tetap per bulan

· Pelunasan dapat dilakukan sewaktu-waktu

· ARRUM dapat diperoleh di seluruh outlet Pegadaian Syariah di Indonesia

8. Wujudkan rumah idaman yang nyaman dengan pinjaman untuk renovasi maupun pembangunan rumah baru. Pinjaman (kredit) lunak yang diberikan kepada masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) untuk kebutuhan renovasi atau pembangunan rumah. Nasabah yang tergolong masyarakat berpenghasilan rendah adalah yang memiliki penghasilan kurang dari 2 juta perbulan. Nasabah tergabung dalam suatu kelompok usaha

KEUNGGULAN

· ujuan kredit guna membantu masyarakat berpenghasilan rendah untuk renovasi rumah maupun pembangunan rumah baru

· Besarnya pinjaman mulai dari 5 juta sampai dengan 10 juta rupiah

9. Kredit (pinjaman) angsuran bulanan dengan sistem FIDUSIA yang diperuntukkan bagi pegawai atau karyawan suatu instansi yang telah memiliki penghasilan tetap. Layanan KAGUM dapat diperoleh di perusahaan atau instansi yang telah menjalin kerjasama dengan Pegadaian KAGUM dapat digunakan untuk membiayai berbagai kegunaan seperti membangun dan merenovasi rumah, biaya sekolah, biaya pengobatan, pernikahan dan lain sebagainya. KAGUM merupakan solusi pembiayaan yang cepat dan tepat bagi karyawan

KEUNGGULAN

· Prosedur pengajuan kredit sangat cepat dan mudah

· Pembayaran angsuran langsung dipotong dari gaji setiap bulan

· Bunga pinjaman relatif rendah

10. Pinjaman dengan system gadai yang diberikan kepada nasabah perseorangan maupun institusi dalam jangka waktu tertentu dengan jaminan berbentuk saham dan obligasi yang tercatat dan diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia
Layanan INVESTA bertujuan untuk memenuhi kebutuhan likuiditas jangka pendek para pelaku pasar modal secara cepat, aman dan terpercaya

KEUNGGULAN

· Meningkatan daya guna investasi dengan pembiayaan maksimum 60% dari nilai dasar agunan atau sampai dengan 50 miliar

· Mendukung strategi portfolio dan investasi melalui pemenuhan likuiditasjangka pendek yang cepat dan aman. Realisasi dana pada hari yang sama *

· Jangka waktu 90 hari kalender, dapat diperpanjang dengan cara mengulang gadai (rollover) tanpa jeda waktu dan dapat dilunasi kapanpun

· Nasabah berhak atas kelebihan nilai dari hasil eksekusi apabila terjadi wanprestasi

· Tanpa pengalihan kepemilikan efek atau ORI yang diagunkan

· Bunga kompetitif dan biaya administrasi yang ringan

· * Syarat dan Ketentuan Berlaku

11. Pinjaman atau talangan dana cepat kepada petani saat panen raya dengan jaminan gabah kering giling (GKG) untuk digunakan menutup biaya hidup dan modal budidaya
Dengan penyediaan modal budidaya yang cukup diharapkan para petani dapat memperoleh modal lebih cepat untuk usaha pertanian pada periode musim tanam berikutnya. Selanjutnya dengan usaha yang bersifat lindung nilai gabah ini, diharapkan mereka dapat memperoleh daya saing dipasar domestik sehingga memberikan peluang tambahan pendapatan dan sekaligus memberikan pendidikan bagi para petani untuk menjadikan hasil panenan sebagai komoditas bisnis

KEUNGGULAN

· Proses kredit mudah. Sehingga petani dapat memperoleh modal kerja lebih cepat

· Pinjaman yang bersifat lindung nilai. Pada saat harga gabah mengalami penurunan diharapkan Petani dapat terlindung dari kerugian

· Bunga pinjaman rendah


PRODUK JASA

1. Layanan pengiriman dan penerimaan uang dari dalam dan luar negeri dengan biaya kompetitif yang bekerjasama dengan beberapa remiten berskala internasional. KUCICA merupakan solusi terpercaya untuk kirim dan terima uang kapanpun dan dimanapun secara instan,cepat dan aman

KEUNGGULAN

· Layanan KUCICA tersedia di kantor cabang Pegadaian di seluruh Indonesia

· Keamanan bertransaksi yang terpercaya, hanya dibayarkan kepada orang yang dituju

· Biaya cukup kompetitif

· Prosedur sangat mudah. Penerima uang tidak harus memiliki rekening bank

· Tidak dikenakan biaya apapun untuk penerima uang

2. Layanan pembayaran berbagai tagihan bulanan seperti Listrik, Telepon, PDAM dan lain sebagainya secara online di outlet Pegadaian di seluruh Indonesia. Merupakan solusi pembayaran cepat yang memberi kemudahan nasabah dalam bertransaksi tanpa harus memiliki rekening di bank.

KEUNTUNGAN

· Layanan MULTI PEMBAYARAN ONLINE tersedia di kantor cabang Pegadaian di seluruh Indonesia

· Pembayaran secara real time, sehingga memberi kepastian dan kenyamanan dalam bertransaksi

· Biaya jasa Kompetitif

· Pembayaran tagihan selain dapat dilakukan secara tunai juga dapat bersinergi dengan gadai emas

· Untuk pembayaran tagihan dengan gadai emas, maka nilai hasil gadai akan dipotong untuk pembayaran rekening. Seluruh proses dilakukan dalam satu loket layanan.

· Setiap nasabah dapat melakukan pembayaran untuk lebih dari satu tagihan

· Prosedur sangat mudah. Nasabah tidak harus memiliki rekening di bank


3. Auditorium yang dikelola oleh Pegadaian untuk disewakan kepada masyarakat luas guna keperluan berbagai kegiatan acara dan seremoni. Auditorium dengan arsitektur Belanda yang dipadukan dengan interior elegan nan artistik serta dilengkapi sarana dan prasarana yang memadai, dapat menjadi tempat ideal guna mensukseskan setiap momen berharga anda.

KEUNGGULAN

· Lokasi strategis di pusat kota

· Gedung multifungsi

· Layanan beragam dari rekanan yang terpercaya

· Parkir luas

· Harga sewa relatif terjangkau


4. Batu permata adalah aset berharga yang banyak diminati masyarakat untuk koleksi maupun investasi. Namun tak semua orang bisa membedakan batu permata secara ilmiah, baik dari jenis (spesies dan varitas), manipulasi warna dan kejernihan, bahkan untuk batu sintetik sekalipun. Sehingga sering berakibat kerugian dan kekecewaan setelah bertransaksi. Batu mulia alami terdiri atas 120 spesies dan diturunkan menjadi lebih dari 500 varitas. Peralatan identifikasi gemologi pun bersifat sangat ilmiah dan canggih sehingga membuat masyarakat awam sulit mengakses ilmu gemologi dan akhirnya sering menjadi objek penipuan dalam bisnis batu mulia. Pegadaian G-Lab menyediakan berbagai layanan professional untuk sertifikasi keaslian dan identifikasi kualitas batu permata, dengan dukungan gemologist dan peralatan gemologi berstandar internasional dari Gemological Institute of America


Layanan Pegadaian G-Lab

· Identifikasi Batu MuliaLayanan pemeriksaan batu mulia meliputi identifikasi spesies dan varitas, treatments, serta inclusion mapping sebagai identitas bagi batu permata Anda agar tidak tertukar dengan batuan lain yang sejenis. Pemeriksaan dinyatakan dalam memo dan sertifikat dengan biaya terjangkau. Untuk keperluan transaksi, G Lab juga melayani pemeriksaan ulang (rechecking) agar batu permata yang diperjualbelikan sesuai dengan memo atau sertifikat yang menyertainya

· Konsultasi GemologiLayanan konsultasi seputar gemology mulai dari pemeriksaan ilmiah batu mulia hingga ke sifatsifat khusus batu permata yang cocok dengan kepribadian Anda. Layanan dipadukan dengan jasa penaksiran berlian, batu mulia dan logam perhiasan sehingga Anda bisa memperkirakan nilai asset berharga yang Anda miliki.

· KonsinyasiUntuk dapat memaksimalkan nilai transaksi sesuai dengan nilai yang seharusnya. Pegadaian G-Lab siap membantu Anda menjual batu permata dengan nilai maksimal sehingga terhindar dari kerugian

· Kursus GemologiApabila Anda ingin mengetahui lebih dalam mengenai teknik identifikasi dan teknik penilaian kualitas batu mulia, baik sebagai peminat ataupun pebisnis. G Lab menyediakan kursus gemologi dasar maupun intensif.

5. Layanan kepada masyarakat yang ingin mengetahui karatase dan kualitas harta perhiasan emas, berlian dan batu permata, baik untuk keperluan investasi ataupun keperluan bisnis. Dengan biaya yang relatif ringan masyarakat dapat mengetahui tentang karatase dan kualitas suatu barang berharga miliknya. Sehingga diharapkan masyarakat tidak mengalami kebimbangan atas nilai pasti investasinya.

KEUNGGULAN

· Proses mudah

· Pelayanan profesional.

· Hasil uji terpercaya, karena diuji dan ditaksir oleh juru taksir berpengalaman

· Layanan sertifikasi atas barang berharga yang telah diuji

· Biaya terjangkau


6. Layanan kepada nasabah yang ingin menitipkan barang berharga yang dimilikinya seperti perhiasan emas, berlian, surat berharga, maupun kendaraan bermotor dengan biaya terjangkau. Dalam dunia perbankan, layanan ini dikenal sebagai safe deposit box. Jika mendapatkan kesulitan dalam mengamankan barang berharga dirumah sendiri saat akan dinas keluar kota atau luar negeri, menunaikan ibadah haji, berlibur, sekolah diluar negeri, dan kepentingan lainnya. Maka percayakan barang berharga milik Anda kepada Pegadaian, karena keamanan adalah menjadi prioritas kami

KEUNGGULAN

· Pelayanan professional

· Proses mudah

· Aman terpercaya

· Jangka waktu penitipan dua minggu sampai satu tahun dan dapat diperpanjang

· Biaya terjangkau


PRODUK EMAS

1. MULIA

Layanan penjualan Logam Mulia kepada masyarakat secara tunai atau angsuran dengan proses cepat dan dalam jangka waktu yang fleksibel Logam Mulia bisa menjadi alternative pilihan investasi yang aman untuk mewujudkan kebutuhan masa mendatang seperti menunaikan Ibadah Haji, mempersiapkan Biaya Pendidikan Anak, memiliki rumah idaman serta kendaraan pribadi.

KEUNGGULAN

· Proses mudah dengan layanan professional

· Alternatif investasi yang aman untuk menjaga portofolio asset

· Sebagai asset sangat likuid untuk memenuhi kebutuhan dana mendesak

· Tersedia pilihan logam mulia dengan berat mulai dari 5 gram damapai 1 kilogram




















































Senin, 14 Oktober 2013

Contoh bahasa indonesia secara baik dan benar serta fungsi bahasa sebagai alat komunikasi

1. Jelaskan dengan contoh bahasa indonesia secara baik dan benar!
Menurut yang saya pelajari, Bahasa mengandung 2 aspek yaitu bunyi dan arti. Atau bahasa adalah alat komunikasi antara anggota masyarakat yang mengandung simbol atau bunyi. 
Bahasa Indonesia yang baik dan benar adalah Bahasa Indonesia yang digunakan sesuai dengan situasi pembicaraan (yakni, sesuai dengan lawan bicara, tempat pembicaraan, dan ragam pembicaraan) dan sesuai dengan kaidah yang berlaku dalam Bahasa Indonesia (seperti: sesuai dengan kaidah ejaan, pungtuasi, istilah, dan tata bahasa). 
Ada lima laras bahasa yang dapat digunakan sesuai situasi. Berturut-turut sesuai derajat keformalannya, ragam tersebut dibagi sebagai berikut.
1. Ragam beku (frozen); digunakan pada situasi hikmat dan sangat sedikit memungkinkan keleluasaan seperti pada kitab suci, putusan pengadilan, dan upacara pernikahan.
2. Ragam resmi (formal); digunakan dalam komunikasi resmi seperti pada pidato, rapat resmi, dan jurnal ilmiah.
3. Ragam konsultatif (consultative); digunakan dalam pembicaraan yang terpusat pada transaksi atau pertukaran informasi seperti dalam percakapan di sekolah dan di pasar.
4. Ragam santai (casual); digunakan dalam suasana tidak resmi dan dapat digunakan oleh orang yang belum tentu saling kenal dengan akrab.
5. Ragam akrab (intimate). digunakan di antara orang yang memiliki hubungan yang sangat akrab dan intim.
Contoh Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar:
Misalkan dalam pertanyaan sehari-hari dengan menggunakan bahasa yang baku Contoh :
* Ketika dalam dialog antara seorang Guru dengan seorang murid
Pak guru : Rino apakah kamu sudah mengerjakan PR?
Rino : sudah saya kerjakan pak.
Pak guru : baiklah kalau begitu, segera dikumpulkan.
Rino : Terima kasih Pak , akan segera saya kumpulkan.
Penggunaan Bahasa Indonesia dalam masyarakat kita ini terutama di Ibu Kota Jakarta memang sudah lazim digunakan, namun banyak yang tidak menggunakan aturan berbahasa Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Sementara aturan dalam Bahasa Indonesia sendiri bervariasi dalam penggunaannya. Apabila bahasa yang digunakan baik dan benar maka bagi pendengar tentunya lebih mudah dipahami. Melalui bahasa, kita dapat menunjukkan sudut pandang kita, pemahaman kita atas suatu hal, asal usul bangsa dan negara kita, pendidikan kita, bahkan sifat kita.
Contoh Menggunakan Bahasa Indonesia Secara baik dan benar
Ungkapan “bahasa Indonesia yang baik dan benar” mengacu ke ragam bahasa yang sekaligus memenuhi persyaratan kebaikan dan kebenaran Bahasa yang diucapkan bahasa yang baku.
Berbahasa Indonesia dengan baik dan benar mempunyai beberapa konsekuensi logis terkait dengan pemakaiannya sesuai dengan situasi dan kondisi. Pada kondisi tertentu, yaitu pada situasi formal penggunaan bahasa Indonesia yang benar menjadi prioritas utama. Penggunaan bahasa seperti ini sering menggunakan bahasa baku. Kendala yang harus dihindari dalam pemakaian bahasa baku antara lain disebabkan oleh adanya gejala bahasa seperti interferensi, integrasi, campur kode, alih kode dan bahasa gaul yang tanpa disadari sering digunakan dalam komunikasi resmi. Hal ini mengakibatkan bahasa yang digunakan menjadi tidak baik.
Misalkan dalam pertanyaan sehari-hari dengan menggunakan bahasa yang baku Contoh :
Apakah kamu ingin menyapu rumah bagian belakang ?
Apa yang kamu lakukan tadi?
Misalkan ketika dalam dialog antara seorang Guru dengan seorang siswa
Pak guru : Rino apakah kamu sudah mengerjakan PR?
Rino : sudah saya kerjakan pak.
Pak guru : baiklah kalau begitu, segera dikumpulkan.
Rino : Terima kasih Pak
Kata yang digunakan sesuai lingkungan sosial
Contoh lain dalam tawar-menawar di pasar, misalnya, pemakaian ragam baku akan menimbulkan kegelian, keheranan, atau kecurigaan. Akan sangat ganjil bila dalam tawar -menawar dengan tukang sayur atau tukang becak kita memakai bahasa baku seperti ini.
(1)   Berapakah Ibu mau menjual tauge ini?
(2)   Apakah Bang Becak bersedia mengantar saya ke Pasar Tanah Abang dan berapa ongkosnya?
Contoh di atas adalah contoh bahasa Indonesia yang baku dan benar, tetapi tidak baik dan tidak efektif karena tidak cocok dengan situasi pemakaian kalimat-kalimat itu. Untuk situasi seperti di atas, kalimat (3) dan (4) berikut akan lebih tepat.
(3)   Berapa nih, Bu, tauge nya?
(4)   Ke Pasar Tanah Abang, Bang. Berapa?
Misalkan perbedaan dari bahasa indonesia yang benar dengan bahasa gaul
Bahasa Indonesia Bahasa Gaul (informal)
Aku, Saya Gue
Kamu Elo
Di masa depan kapan-kapan
Apakah benar? Emangnya bener?
Tidak Gak
Tidak Peduli Emang gue pikirin!
Dari contoh diatas perbedaan antara bahasa yang baku dan non baku  dapat terlihat dari pengucapan dan dari tata cara penulisannya. 
Paragraph dibawah ini adalah gaya bahasa yang dipakai sesuai dengan EYD dan menggunakan bahasa baku atau bahasa ilmiah bukan kata popular dan bersifa objektif, dengan penyusunan kalimat yang cermat.
Dalam paradigma profesionalisme sekarang ini, ada tidaknya nilai informative dalam jaring komunikasi ternyata berbanding lurus dengan cakap tidaknya kita menulis. Pasalnya, selain harus bisa menerima, kita juga harus mampu memberi. Inilah efek jurnalisme yang kini sudah menyesaki hidup kita. Oleh karena itu, kita pun dituntut dalam hal tulis-menulis demi penyebaran informasi. Namun persoalannya, apakah kita peduli terhadap laras tulis bahasa kita. Sementara itu, yakinilah, tabiat dan tutur kata seseorang menunjukkan asal-usulnya, atau dalam penegasan lain, bahasa yang kacau mencerminkan kekacauan pola pikir pemakainya. Buku ini memperkenalkan langkah-langkah pragmatic yang Anda perlukan agar tulisan Anda bisa tampil wajar, segar, dan enak dibaca.
Berikan contoh fungsi bahasa sebagai alat komunikasi
Pentingnya penggunaan Bahasa Indonesia yang baik benar dalam masyarakat kita diperlukan sebagai penyetaraan dalam bersosialisasi dengan sesama rakyat Indonesia. Bahasa menjadi cermin diri kita, baik sebagai bangsa maupun sebagai diri sendiri. Karena fungsi bahasa adalah untuk menyampaikan informasi ke pada orang lain agar orang yang kita beri informasi tersebut mengerti dan paham.
Fungsi Bahasa sebagai alat komunikasi harus terjadi dengan 2 arah, gambaran terjadinya komunikasi dalam masyarakat:
Komunikator ----> Pesan(noise/tanda-tanda) ------> Media ----> komunikan
Keterangan:
Komunikator : pihak yang bertindak sebagai pengirim pesan dalam sebuah proses komunikasi
Pesan(noise/tanda-tanda) : setiap pemberitahuan, kata, atau alat komunikasi baik lisan maupun tertulis, yang dikirimkan dari satu orang ke orang lain
Media : alat atau sarana dan prasarana yang digunakan untuk menyampaikan pesan dari komunikator kepada komunikan
Komunikan : orang yang menerima pesan
Fungsi Bahasa Menurut Felicia (2001 : 1), dalam berkomunikasi sehari-hari, salah satu alat yang paling sering digunakan adalah bahasa, baik bahasa lisan maupun bahasa tulis. Begitu dekatnya kita kepada bahasa, terutama bahasa Indonesia, sehingga tidak dirasa perlu untuk mendalami dan mempelajari bahasa Indonesia secara lebih jauh. Akibatnya, sebagai pemakai bahasa, orang Indonesia tidak terampil menggunakan bahasa. Suatu kelemahan yang tidak disadari.
Alat-alat itu digunakan untuk berkomunikasi misalnya gerak badaniah, alat bunyi-bunyian, kentongan, lukisan, gambar, dsb.
Contohnya :
bunyi tong-tong memberi tanda bahaya
adanya asap menunjukkan bahaya kebakaran
 alarm untuk tanda segera berkumpul
bedug untuk tanda segera melakukan sholat
telepon genggam untuk memanggil orang pada jarak jauh
simbol – tanda stop untuk pengguna jalan, simbol laki-laki dan perempuan bagi pengguna toilet.
gambar peta yang menunjukkan jalan
suasana gemuruh kentongan dipukul tanda ketika ada bahaya
adanya asap tampak dari kejauhan pertanda kebakaran
bunyi alarm (suasana tanda bahaya gempa bumi/bencana alam) dsb.
contoh dalam kehidupan sehari hari
misalkan seorang satpam perumahan berjaga-jaga/ronda pada malam hari, pada saat sudah mendekati jam 12.00 malam satpam tersebut membunyikan kentongan yang bertanda bahwa waktu sudah tepat pukul 12.00 malam. Dan timbul timbal balik antara satpam sama orang-orang disekitar perumahan.setiap orang jadi lebih mengerti tanda waktu pergantian tersebut.
Jadi, bahasa yang dipakai satpam tersebut berupa kentongan yang memberikan pertanda sesuatu akan terjadi/ sesuatu yang sudah mestinya dilakukan.
Kesimpulan : 
Bahasa mengandung 2 aspek yaitu bunyi dan arti. Atau bahasa adalah alat komunikasi antara anggota masyarakat yang mengandung simbol atau bunyi. Bahasa Indonesia yang baik dan benar adalah Bahasa Indonesia yang digunakan sesuai dengan situasi pembicaraan (yakni, sesuai dengan lawan bicara, tempat pembicaraan, dan ragam pembicaraan) dan sesuai dengan kaidah yang berlaku dalam Bahasa Indonesia (seperti: sesuai dengan kaidah ejaan, pungtuasi, istilah, dan tata bahasa).
Pentingnya penggunaan Bahasa Indonesia yang baik benar dalam masyarakat kita diperlukan sebagai penyetaraan dalam bersosialisasi dengan sesama rakyat Indonesia. Bahasa menjadi cermin diri kita, baik sebagai bangsa maupun sebagai diri sendiri. Karena fungsi bahasa adalah untuk menyampaikan informasi ke pada orang lain agar orang yang kita beri informasi tersebut mengerti dan paham. Biasanya dalam komunikasi ada beberapa aspek yang harus mendukung terjadinya komunikasi, yaitu : komunikator, pesan, media dan komunikan.
"Sekian beberapa materi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat untuk kita semua"
Sumber: